Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Tanaman Herbal

Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Tanaman Herbal ,– Dalam upaya pengobatan mata katarak, ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengobatinya, salah satunya dengan tanaman herbal.

Dimana pengobatan dengan tanaman herbal ini cenderung tidak menimbulkan efek samping pada tubuh, karena tidak adanya campuran bahan kimia apapun.

Namun sebelum kami menjelaskan seputar pengobatan mata katarak dengan tanaman herbal tersebut, terlebih dahulu kami akan ulas seputar penyakit mata katarak itu sendiri.

Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Tanaman Herbal

Mata katarak adalah kondisi dimana terjadi penumpukan protein pada lensa yang membuatnya berawan. Kondisi ini akan membiaskan cahaya yang melalui lensa sehingga menjadi tidak fokus ke retika, akibatnya penglihatan pun akan terlihat berkabut seperti melihat asap.

Kebanyakan mata katarak berkembang secara perlahan-lahan dan awalnya tidak akan terasa mengganggu. Tetapi seiring berjalannya waktu, katarak akan mengganggu penglihatan dan membuat penderita sulit untuk melakukan aktivitas rutinnya.

Penyebab dan Faktor Risiko Mata Katarak

Umumnya mata katarak disebabkan oleh proses penuaan yang mengakibatkan perubahan pada lensa mata sehingga menjadi keruh atau buram. Selain itu, mengalami trauma juga dapat menyebabkan perubahan pada jaringan mata.

Terdapat sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita mata katarak, antara lain :

  • Sering merokok.
  • Pernah menjalani operasi mata.
  • Pernah mengalami cedera pada mata.
  • Pola makan tidak sehat dan kekurangan gizi.
  • Menderita penyakit tertentu, seperti diabetes.
  • Mengalami peradangan mata, seperti glaukoma.
  • Mata yang terlalu sering terpapar sinar matahari.
  • Mempunyai keluarga dengan riwayat mata katarak.
  • Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti kortikostreoid, chlorpromazine, dan phenothiazine.

Gejala Mata Katarak

Biasanya gejala katarak muncul secara perlahan. Pada awalnya, penderita tidak akan menyadari ada gangguan pada mata, karena hanya sebagian kecil lensa mata yang mengalami katarak.

Namun seiring waktu, mata katarak akan semakin memburuk dan memunculkan sejumlah gejala, seperti :

  • Pandangan ganda.
  • Warna di sekitar terlihat memudar.
  • Penurunan penglihatan di malam hari.
  • Pandangan menjadi samar dan berkabut.
  • Sering ganti kacamata atau lensa kontak.
  • Melihat lingkaran cahaya di sekeliling sumber cahaya.
  • Mata menjadi sensitif ketika melihat cahaya yang menyilaukan.

Meski pada umumnya katarak tidak mengakibatkan rasa sakit, namun penderita dapat merasakan nyeri pada mata, khususnya jika katarak yang diderita sudah parah.

Bila tidak segera ditangani, penglihatan yang berawan tadi akan semakin tebal dan membesar. Sehingga menutupi lensa dan pandangan mata menjadi kabur atau bahkan berujung pada kebutaan.

Meski pun tidak sering terjadi, tetapi katarak biasanya mengenai 2 mata sekaligus dengan derajat yang dapat berbeda. Inilah yang menyebabkan daya lihat mata kanan dan kiri dapat berbeda.

Pengobatan Mata Katarak

Apabila penglihatan mata bisa diperbaiki dengan kacamata, dokter mungkin akan meresepkan kacamata dan mempertimbangkan kebutuhan operasi. Tetapi, jika penglihatan mata tidak dapat diatasi dengan kacamata, penderita perlu menjalani operasi katarak.

Dalam operasi katarak, lensa yang keruh akan diangkat dan diganti dengan lensa tiruan yang terbuat dari plastik atau silikon, dan dapat digunakan seumur hidup.

Sementara pada kondisi lensa tiruan yang tidak bisa dipasang, penderita harus menggunakan kacamat atau lensa kontak pasca operasi katarak untuk memperbaiki penglihatan.

Operasi ini akan dilakukan dengan bius lokal agar mata menjadi mati rasa. Pada penderita dengan katarak di kedua mata, operasi dilakukan secara terpisah hingga penderita sembuh dari operasi pertama, yaitu sekitar 6-12 minggu.

Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Tanaman Herbal

Selain dengan tindakan operasi, mata katarak juga dapat diatasi dengan pengobatan secara herbal yakni dengan menggunakan tanaman herbal. Yang mana pengobatan ini bertujuan agar pengobatan mata katarak yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Ada banyak tanaman herbal yang dapat digunakan dalam pengobatan mata katarak. Dan berikut beberapa tanaman herbal yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi mata katarak, antara lain :

  1. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan tanaman yang banyak ditemui di berbagai tempat yang beriklim sedang sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di pekarangan.

Tanaman ini juga termasuk tanaman tertua yang kaya akan sumber nutrisi yang efektif dalam mengobati berbagai macam penyakit. Ginkgo biloba mengandung 2 jenis molekul yakni terpenoid dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan potensial.

Antioksidan ini diyakini berperan penting dalam mencegah perkembangan penyakit seperti mata katarak, stroke, penyakit jantung, penyakit alzheimer, dan kanker.

Untuk pengolahannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan daun gingko biloba muda secukupnya, lalu cuci bersih dan keringkan daun. Setelah dirasa cukup kering, daun gingko biloba dapat dibuat menjadi teh dan diminum.

  1. Blueberry

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam edisi 2001 dari “Pengobatan Alternatig Review”, blueberry telah menunjukkan potensi dalam memperlambat perkembangan katarak pada orang tua.

Kandungan antosianin yang tinggi pada blueberry dapat membantu melindungi retinda dari kerusakan yang disebabkan oleh penuaan dan peradangan.

Untuk membantu pengobatan mata katarak, Anda dapat mengkonsumsi blueberry ini secara langsung atau membuatnya menjadi jus.

  1. Daun Sirih Merah

Memanfaatkan daun sirih merah untuk mengobati mata katarak, sebenarnya sudah sejak lama dilakukan. Dimana daun sirih merah ini diketahui memiliki khasiat yang mampu menyembuhkan katarak secara perlahan dan mencegah keparahan mata katarak.

Berdasarkan hasil penelitian para ahli kesehatan dari negara Tiongkok, menyatakan bahwa manfaat daun sirih merah ini dapat mengobati katarak lebih cepat dari pada jenis daun sirih berwarna hijau. Kelebihan lainnya yaitu mampu menenangkan syaraf-syaraf di dalam bola mata yang tegang.

Untuk pengobatannya, Anda dapat menumbuk 20 lembar daun sirih merah secara merata. Lalu setelah di tumbuh, simpan tumbukan tersebut dibawah bola mata agar bau dari daun sirih merah masuk ke dalam mata. Ingat, jangan ditempel langsung ke bola mata Anda.

Baca Juga : Manfaat Biji Anggur Untuk Kesehatan Mata

Itulah beberapa tanaman herbal yang dapat Anda gunakan untuk membantu dalam pengobatan mata katarak. Penting untuk Anda ingat! Bahwa pengobatan mata katarak dengan tanaman herbal ini tidak sama dengan pengobatan secara medis, hasil pada setiap penderita berbeda dan dipengaruhi juga oleh tingkat keparahan penyakit, serta kondisi lainnya seperti kadar stres dan sistem kekebalan tubuh.

Disamping itu, Anda juga harus melakukan beberapa perubahan gaya hidup menjadi lebih baik seperti : batasi asupan karbohidrat, minum teh, dan perbanyak konsumsi vitamin C. Para peneliti merekomendasikan penderita katarak agar memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, buah, dan makanan lain dengan antioksidan tinggi.

Demikianlah informasi sederhana kami seputar Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Tanaman Herbal. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memperoleh kesembuhan.

~~Terimakasih Telah Berkunjung dan Selamat Mencoba~~

Posted by :

www.walatrasehatmataasli.com

I K L A N

KINI TELAH HADIR OBAT HERBAL SEHAT MATA, YANG MAMPU SEMBUHKAN PENYAKIT MATA HINGGA TUNTAS ..!!

HARGA RESMI SEHAT MATA : Rp. 425.000 (Belum Ongkir)

*BELI 2, GRATIS ONGKIR KE SELURUH INDONESIA*

BELI SEKARANG


Obat Herbal Sehat Mata adalah produk herbal yang diformulasikan khusus untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai permasalahan atau penyakit yang menyerang mata. Terbuat dari 100% bahan alami pilihan tanpa sedikitpun menggunakan bahan kimia didalamnya.

Legalitas Produk herbal ini TERJAMIN, karena telah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM RI No: TR183312011 dan HALAL (حلال) MUI. Pesan Sekarang Juga ..!!

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *