Jenis-Jenis Penyakit Abses yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis Penyakit Abses yang Harus Diketahui

Tidak hanya terjadi pada kulit, namun abses juga dapat terjadi dibagian tubuh mana saja termasuk pada organ-organ vital tubuh seperti otak. Untuk lebih mewaspadai penyakit ini, ada baiknya kita mengetahui Jenis-Jenis Penyakit Abses berikut ini.Jenis-Jenis Penyakit Abses yang Harus Diketahui

Abses merupakan penumpukan nanah di satu titik pada bagian tubuh tertentu. Kebanyakan abses mengakibatkan peradangan dan pembengkakan di daerah sekitarnya. Kondisi ini termasuk reaksi alami tubuh terhadap infeksi yang menyerang jaringan tertentu.

Perlawanan sistem kekebalan tubuh ini diwakili oleh sel darah putih yang akan bergerak melalui dinding pembuluh darah dan berkumpul di dalam jaringan yang mengalami kerusakan. Proses ini dapat menghasilkan cairan yang biasa disebut dengan nanah.

Nanah itu sendiri terdiri dari jaringan mati, sel darah putih dan bakteri. Dimana ada beberapa bakteri yang dapat menghasilkan nanah lebih banyak dari pada bakteri lainnya, seperti bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus pyogenesi.

Ketahui Jenis-Jenis Penyakit Abses yang Patut Diwaspadai

Pada umumnya tidak sedikit dari kita yang mengira bahwa abses hanya dapat terjadi di are luar tubuh atau kulit saja. Padahal, abses juga dapat terjadi di bagian dalam tubuh.

Lebih lengkapnya, berikut Jenis-Jenis Penyakit Abses yang perlu diwaspadai :

  1. Abses Anus

Abses anus yaitu abses yang terjadi di daerah dekat anus, kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi pada kelenjar kecil di anus. Kelenjar anus yang terhambat oleh infeksi menular seksual atau infeksi pada fisura anus juga dapat menyebabkan abses anus.

Orang yang mengalami abses anus biasanya akan mengalami pembengkakan yang menyakitkan di dekat anus. Ketika disentuh, daerah yang terserang akan terasa hangat dan berwarna kemerahan. Terkadang, abses anus juga dapat terjadi di jaringan anus yang lebih dalam.

  1. Abses Gigi

Abses gigi adalah penyakit dimana nanah menumpuk di gigi akibat infeksi. Kondisi ini membutuhkan penanganan yang tepat. Jika tidak segera ditangani, kondisi penderita akan bertambah parah dan menyebabkan rusaknya jaringan tulang.

Gejala awal dari abses gigi ini yaitu gigi terasa berdenyut parah. Rasa nyeri yang muncul dapat terjadi secara tiba-tiba dan akan memburuk dalam beberapa jam atau hari. Abses gigi juga dapat mengakibatkan gigi menjadi lebih sensitif dan kesulitan untuk mengunyah.

  1. Abses Otak

Meskipun jarang terjadi, namun abses juga dapat terjadi pada otak. Dimana kondisi ini merupakan kondisi berbahaya dan harus segera mendapatkan penanganan. Gejala awal yang mengindentifikasi abses ini yaitu sakit kepala yang menyakitkan, perubahan mental, kelumpuhan, kejang serta demam tinggi.

Umumnya, abses otak dapat terjadi akibat dari bakteri atau viru yang masuk ke jaringan otak melalui aliran darah. biasanya kondisi ini berkaitan dengan penyakit sinus, abses gigi, infeksi telinga, pneumonia atau tumor otak.

  1. Abses Payudara

Abses payudara adalah peradangan dan kumpulan nanah pada payudara yang disebabkan oleh bakteri. Kebanyakan abses jenis ini muncul tepat di bawah lapisan kulit dan sering dialami oleh wanita berusia antara 18-50 tahun, khususnya oleh ibu yang sedang menyusui.

Ciri-ciri abses payudara ini dapat ditandai dengan benjolan pada payudara dengan tepian yang teratur dan memiliki tekstur harus serta terasa padat seperti kista. Selain benjolan, gejala juga dapat disertai dengan demam tinggi, nyeri pada payudara, kemerahan, dan kulit di sekitar abses ikut membengkak.

  1. Abses Hati

Abses hati adalah penyakit pada hati yang ditandai dengan lubang-lubang kecil pada hati yang penuh dengan nanah karena infeksi. Ketika hati terinfeksi bakteri atau parasit, gejala yang dapat dialami yaitu sakit yang terus-menerus dan terasa menusuk-nusuk di perut, demam, mengigil, berkeringat, mual, muntah, atau diare.

Ada juga gejala-gejala yang lebih jarang dialami seperti sesak di bagian dada, nafsu makan menurun, serta kulit dan mata menguning. Meski demikian, jika Anda merasa khawatir dengan gejala-gejala diatas, segera periksa ke dokter mengenai keluhan yang Anda rasakan.

  1. Abses Sumsum Tulang Belakang

Untuk abses yang satu ini sangat jarang terjadi, namun jika abses sumsum tulang belakang ini terjadi dapat mengancam jiwa penderitanya. Pada masa lalu, kondisi ini umum terjadi dan biasanya disebabkan oleh tuberkulosis.

Namun, penyebab umum abses sumsum tulang belakang ini yaitu bakteri yang menyebar melalui tulang belakang. Orang yang berisiko terkena abses ini yaitu mereka yang mengalami cedera punggung, bisul di punggul, menggunakan narkoba suntik, atau mengalami infeksi yang disebarkan melalui aliran darah.

Beberapa kondisi abses diatas, jika tidak segera ditangani dengan tepat dapat berakibat buruk bagi kesehatan penderitanya. Untuk mencegah hal-hal yang bersifat fatal, sebaiknya segera periksa ke dokter jika terkena abses khususnya di bagian-bagian yang vital.

Demikian informasi mengenai Jenis-Jenis Penyakit Abses yang Harus Diketahui. Dengan adanya informasi ini diharapkan, Anda untuk selalu waspada terhadap abses yang dapat menyerang tubuh Anda. Segera lakukan pengobatan jika abses Anda tidak kunjung membaik atau malah semakin buruk.

Simak juga informasi seputar abses lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *