Ketahui Jenis-Jenis Penyakit Mata Yang Sering Terjadi

Jenis-Jenis Penyakit Mata ,- Kebutaan merupakan gangguan pada mata yang dapat menurunkan kualitas hidup penderita dan orang-orang di sekelilingnya. Dan gangguan ini masih menjadi momok serius, khususnya bagi kelompok lansia.

Tingginya angka kebutaan pada usia lanjut, sebagian besar di pengaruhi oleh katarak yang bisa berkembang seiring bertambahnya usia. Lantas, apalagi jenis penyakit mata lainnya yang sering terjadi ?

7 Jenis-Jenis Penyakit Mata

Jenis-Jenis Penyakit Mata

Mata adalah organ inti untuk semua makhluk hidup, yang mana dari mata kita dapat melihat isi dunia dan melakukan berbagai jenis aktivitas. Tetapi sama seperti organ tubuh lainnya, mata juga dapat terkena penyakit dan fungsinya dapat mengalami penurunan.

Terdapat banyak jenis penyakit mata yang bisa menyerang semua orang dari segala usia, termasuk bayi dan anak-anak. Dan berikut beberapa jenis penyakit mata yang sering terjadi :

Katarak

Katarak termasuk salah satu penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia, bahkan hingga mencapai 50%. Penyakit ini ditandai dengan lensa mata yang keruh sehingga membuat penglihatan katarak.

Umumnya katarak terjadi pada lansia, dan dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus. Kebanyakan katarak berkembang secara perlahan dan dapat terjadi sejak kecil.

Selain pada lansia, katarak juga dapat terjadi sejak usia muda dan bisa disebabkan oleh penyakit hipertensi, diabetes, genetik, meroko atau pernah menderita penyakit mata lainnya.

Glaukoma

Glaukoma merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar di seluruh dunia setelah katarak. Dimana penyakit ini dapat terjadi karena adanya tekanan di bola mata. Glaukoma dapat mengikis dan merusak saraf optik yang menunjang penglihatan mata.

Terdapat 2 jenis penyakit glaukoma yaitu glaukoma sudut terbuka primer dan glaukoma sudut tertutup. Kedua jenis ini dapat disebabkan oleh faktor usia, keturunan, hipertensi, diabetes dan penyakit mata tertentu seperti ablasi retina.

Jika Anda mengalami penurunan daya lihat, sebaiknya segera periksa ke dokter. Karena kerusakan mata yang disebabkan oleh glaukoma tidak dapat diobati atau diperbaiki kembali. Meski demikian, glaukoma dapat dicegah dengan deteksi dini terhadap penyakit yang mendasarinya.

Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang menyerang bagian makula, sehingga mengakibatkan mata tidak dapat melihat dengan jelas atau penglihatan kabur.

Makula sendiri yaitu organ kecil yang terletak di belakang mata dan berfungsi untuk mengirimkan sinyal gambar dari mata ke bagian otak. Degenerasi makula lebih sering menyerang orang tua dibandingkan orang dengan usia muda.

Tidak ada cara untuk mencegah degenerasi makula. Namun Anda bisa memperlambat perkembangan penyakit dengan mengontrol tekanan darah, mengkonsumsi makanan sehat untuk mata, menjaga tubuh dari obesitas, hindati merokok, dan rutin memeriksakan mata ke dokter.

Gangguan Refraksi

Gangguan refraksi yaitu suatu gangguan yang mengakibatkan cahaya masuk tidak langsung terpusat ke retina. Gangguan ini dapat menyebabkan kebutaan sebesar 9,5% di Indonesia.

Beberapa gangguan refraksi pada mata yaitu :

  • Presbiopia (mata tua), sering terjadi pada usia 40 tahun lebih dan mengakibatkan penglihatan buram dalam jarak dekat. Kondisi ini lebih sering berhubungan dengan penambahan usia.
  • Rabun dekat (hiperopia), mengakibatkan penglihatan buram ketika melihat benda dekat seperti ketika menggunakan komputer atau membaca buku.
  • Rabun jauh (miopia), menyebabkan penglihatan buram ketika melihat objek dari kejauhan, seperti ketika menonton TV atau mengemudi.
  • Astigmatisme (mata silinder), kondisi yang menyebabkan penglihatan ganda ketika melihat objek dari jarak dekat ataupun jauh.

Umumnya gangguan refraksi ini ditandai dengan ketidakmampuan mata dalam melihat benda dengan jelas (baik jauh atau dekat), penglihatan kabur atau berbayang, hingga kepala terasa pusing ketika memfokuskan titik penglihatan pada satu objek.

Ablasi Retina

Ablasi retina adalah kondisi dimana lapisan penting dari jaringan retina mengalami penurunan sehingga posisinya lebih kebawah atau menarik ke dalam yang mengakibatkan gangguan pembuluh darah di daerah ini.

Salah satu gejala ablasi retina yang sering terjadi yaitu penderita melihat bayangan gelap buram dimulai dari sisi-sisi mata dan perlahan mulai melebar. Jika Anda mengalami gejala tersebut segera periksa ke dokter.

Selain itu, ablasi retina yang tidak segera ditangani juga dapat menyebabkan kebutaan, karena kurangnya oksigen ke retina.

Konjungtivitas

Konjungtivitas adalah penyakit mata yang diakibatkan oleh peradangan pada selaput mata. Penyakit ini ditandai dengan mata merah, terasa gatal dan berair. Mata merah dapat disembuhkan oleh penggunaan obat tetes mata.

Kebanyakan konjungtivitas dipicu oleh iritasi karena polusi, alergi, dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur. Pada awalnya konjungtivitas hanya menyerang satu mata, tetapi biasanya setelah beberapa jam akan menyerang kedua mata.

Salah satu gangguan mata ini dapat menular. Karena itu, rutin mencuci tangan dan tidak berbagi handuk atau bantal dengan orang lain dapat mencegah penyakit agar tidak menular. Umumnya konjungtivitas dapat sembuh dalam waktu 10 hari.

Pterigium

Pterigium adalah masalah pada mata yang disebabkan oleh adanya selaput lendir yang menutupi bagian putih mata. Yang mata pterigium semakin berisiko terjadi jika sering terpapar radiasi sinar matahari.

Gejala awal dari kondisi ini yaitu mata merah, pandangan kabur, dan mata terasa gatal atau panas. Adanya selaput lendir tersebut juga akan membuat mata seperti kelilipan benda asing.

Meski demikian, pterigium dapat disembuhkan dengan pemberian resep obat tetes mata kortikosteroid untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut atau dengan operasi.

Itulah beberapa jenis penyakit mata yang sering terjadi di Indonesia. Selalu menjaga kesehatan mata dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit mata diatas hingga hilangnya penglihatan mata (kebutaan).

Demikianlah artikel kami seputar Jenis-Jenis Penyakit Mata yang sering terjadi. Semoga artikel ini bermanfaa. Ingin tahu artikel seputar kesehatan mata lainnya ? Nantikan terus artikel terbaru kami di situs ini.

Solusi Kesehatan

Bagi Anda yang sedang mencari produk herbal khusus mata, kini telah hadir Sehat Mata yang merupakan produk herbal inovasi terbaru yang diformulasikan khusus untuk mengatasi permasalahan pada mata, produk herbal ini telah terjamin aman untuk digunakan (berijin dari BPOM RI dan memiliki Sertifikat HALAL dari MUI).

Walatra Sehat Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *