7 Tanda Awal Katarak Yang Sering Diabaikan

Advertisement

Obat Herbal Sehat Mata

Tanda Awal Katarak ,- Anda mengalami gangguan mata seperti penglihatan kabur dan berkabut ? Hati-hati! Sebab, bisa jadi Anda menderita penyakit mata katarak.

Karena itu, sebelum terlambat! Yuk, ketahui apa saja tanda penyakit mata katarak yang sering terjadi. Simak penjelasannya dibawah ini.

Tanda Awal Katarak

Mata katarak termasuk salah satu gangguan pada mata yang sering terjadi. Dimana gangguan ini umumnya terjadi pada lansia dan dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata sekaligus.

Meski demikian, mata katarak juga dapat terjadi pada bayi atau anak kecil yang memiliki riwayat keluarga terhadap penyakit ini. Sementara pada orang dewasa, penyakit ini lebih berisiko terjadi pada usia diatas 40 tahunan.

Orang yang sering terpapar matahari tanpa pelindung mata, merokok (baik aktif maupun pasif), memiliki kadar gula tinggi, menjalani terapi radiasi, dan mengkonsumsi steroid dalam jangka panjang juga mempunyai risiko tinggi terkena katarak.

7 Tanda Awal Katarak Yang Sering Diabaikan

Kebanyakan gejala mata katarak berkembang secara perlahan-lahan. Pada awalnya, penderita mungkin akan mengabaikan gangguan penglihatan yang terjadi, karena hanya sebagian kecil lensa mata yang mengalami katarak.

Tetapi seiring berjalannya waktu, katarak akan semakin memburuk hingga menimbulkan gangguan lain pada mata.

Lantas, apa saja tanda awal katarak ? Dan bagaimana kita mengetahui jika kita menderita gangguan mata ini ? Berikut beberapa tanda awal katarak yang sering terjadi, antara lain :

  1. Penglihatan Kabur dan Berkabut

Tanda awal dari penyakit katarak yaitu pandangan kabur yang terlihat seperti gangguan mata minus atau gangguan lain. Hal ini karena gumpalan protein pada mata mengganggu proses penangkapan bayangan oleh retina mata.

Ketika kita berusia anak-anak, lensa mata akan berwarna bening. Tetapi lama-kelamaan protein mata dapat menggumpal yang mengakibatkan bayangan terbentuk terselimuti kabut.

  1. Adanya Warna Putih Dibagian Hitam Mata

Memutihnya bagian hitam mata dapat menjadi tanda terjadinya mata katarak. Sebenarnya lensa mata ini bening atau transparan, tetapi jika dari luar hanya terlihat hitam saja.

Pada tahap awal mungkin tidak akan terlihat jelas, namun lambat laun terlihat seperti berawan dan kemudian putih pekat. Hal inilah yang menyebabkan penderita mengalami gangguan penglihatan bahkan sampai kebutaan.

  1. Sensitif Terhadap Cahaya

Biasanya mata yang terkena katarak tidak akan tahan terhadap cahaya, baik itu cahaya lampu ataupun cahaya matahari. Penderita juga akan merasa sangat nyeri jika terkena cahaya atau lampu tersebut.

Pada kondisi ini katarak belum terlalu parah dan masih dapat diobati dengan beberapa metode. Meski demikian, metode ini hanya untuk mencegah agar katarak tidak bertambah parah.

  1. Sulit Melihat Dengan Jelas Ketika Malam Hari

Penyakit katarak akan membuat penderita kesulitan dalam membaca atau melihat objek di waktu malam. Karena saat malam hari, fokus mata akan menjadi kurang.

Tidak hanya mata katarak saja, namun sebagian besar penyakit mata juga akan mengalami gangguan ketika malam hari.

  1. Merasa Melihat Lingkaran Di Sumber Cahaya

Adanya gumpalan kecil di lensa mata membuat cahaya yang masuk ke mata menjadi menyebar. Inilah yang membuat penderita melihat lingkaran cahaya ketika menatap lampu atau sumber cahaya lainnya.

Dan lingkaran cahaya inilah yang seringkali membuat aktivitas menyetir di malam hari terasa sulit dan berbahaya.

  1. Pandangan Menjadi Ganda

Menyebarnya cahaya yang masuk ke lensa mata juga akan membuat pandangan menjadi ganda. Akibatnya, objek yang terlihat pun ada 2 atau lebih.

Selain katarak, pandangan ganda juga dapat disebabkan oleh gangguan medis lainnya seperti tumor otak, pembengkakan kornea, sklerosis ganda, atau stroke.

  1. Semuanya terlihat Serba Kuning

Ketika katara sudah parah, gumpalan protein yang menutupi lensa mata dapat membuat benda yang terlihat berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan.

Sehingga semua cahaya yang masuk melalui bagian ini juga akan memberikan hasil kuning juga. Jika hal ini terjadi, maka objek sekeliling penderita pun akan tampak kuning semua.

Itulah beberapa tanda awal katarak yang sering kali diabaikan oleh orang yang mengalaminya.

Segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala diatas. Karena seperti yang kita ketahui, bila katarak merupakan salah satu pemicu kebutaan jika dibiarkan terus-menerus.

By post.

www.walatrasehatmataasli.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *